batu Panca Warna Apik-Cung - Motif Pemandangan Pohon

jenis batu : Apik-Cung atau Jaka Poleng
asal batu : Gunung Tapak, desa Tegal wangi Kab. Brebes
Motif : Pemandangan
Harga : Rp.2.000.000
kontak : 087830124341
Kolektor : Adhi Primana,
Alamat kolektor : Desa prupuk utara Rt.07 / Rw.03 Kec.Margasari Kab.Tegal Provinsi Jawa Tengah Kode Pos 52463

Asal Nama Batu PW Apik-Cunk
Batu Pancawarna Apik-Cunk atau Jaka Poleng sebenarnya adalah batu yang berasal dari Gunung Tapak Desa Tegal Wangi Kabupaten Brebes.
Letak desa Tegal Wangi (Kab.Brebes) yang berbatasan dengan Desa Prupuk Utara (Kab.Tegal) membuat batu ini mengalami dilema baik dari penjualannya maupun dari penamannya.
Apik-Cunk adalah nama yang diberikan oleh orang Tegal, sebab-sebab batu ini diberinama oleh orang tegal adalah karena para Petani batu menjual batu ini di Kecamatan Margasari (Kab.Tegal) sehingga ketika batu ini keluar dari Margasari, orang-orang mengira jika batu ini berasal dari Tegal, dimana sebenarnya batu ini berasal dari Perbatasan Brebes yaitu desa Tegal Wangi (Kab.Brebes).

Asal Nama Jaka Poleng
Dari kabar yang beredar, batu ini telah dinamai oleh Bupati Brebes dengan nama Jaka Poleng, namun karena pemasaran para petani adalah di Kabupaten Tegal yaitu di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, sehingga nama Batu Jaka Poleng lambat laun mulai meredup.

Karakter Batu
Batu Panca Warna Apik-Cunk memiliki karakteristik tersendiri jika dipantau dari bahan batunya yaitu ada warna Hijau Muda Pekat dan tidak tembus jika disenter warna hijaunya.
sedangkan warna kuning ke emas-emasan (orange pekat) bisa tembus dapat disenter ...

Kekerasan Batu
Batu ini tergolong tidak terlalu keras dan cenderung renyah, untuk kekerasan belum diuji, untuk pembentukan butuh cara-cara khusus supaya batu ini tidak mengalami Crack/Pecah ketika dibentuk, dan bisa mengkilap ketika digosok

No comments:

Post a Comment