buah yang disebut dalam Al Quran


يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (QS. An-Nahl : 11)

1. Pisang 

Pisang











Dalam QS. Al-Waqiah ayat 27-29, Allah berfirman:


وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ -٢٧- فِي سِدْرٍ مَّخْضُودٍ -٢٨- وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ -٢٩

“Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)”
Beberapa Manfaat Buah Pisang Diantaranya:
  • Melancarkan predaran darah
  • Membantu sitem percernaan pada usus
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menormalkan fungsi jantung
  • Menghaluskan kulit wajah
  • Mengatasi anemia
Masih banyak lagi manfaat dari buah Pisang ini, saya tidak bisa menulisnya satu persatu, tetapi yang paling penting saja saya sampaikan melalui tulisan ini.

2. Anggur

Anggur  









Dalam QS.  An-Nahl ayat 11, Allah berfirman:



يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (QS. An-Nahl : 11)

Beberapa Manfaat Buah Anggur Diantaranya:
  • Sumber gula darah yang baik
  • Bahan anti mikroba
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Kaya mineral dan vitamin yang sanagt baik buat tubuh
  • Perlindungan tubuh dari radiasi
  • Membanu pemuihan otot
  • Dapat melembabkan, mencerahkan dan melindungi kulit dari kangker kulit
Masih banyak lagi manfaat dari buah Anggur ini, saya tidak bisa menulisnya satu persatu, tetapi yang paling penting saja saya sampaikan melalui tulisan ini.

3. Buah Delima

Delima











 Dalam QS. Al-An'aam ayat 141, Allah berfirman:


وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ


"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-An'aam : 141)
Manfaat Delima
Manfaat delima tersebut bisa diperoleh dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk sari buah atau bisa juga memakan bijinya, sirup, pasta atau konsentrat delima. Secara tradisional, buah delima biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bisa mengurangi derita radang tenggorokan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain yang sudah disebutkan tadi, khasiat buah delima bagi kesehatan antara lain dapat untuk penyakit-penyakit seperti: gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan diabetes.

Di Asia, sari buahnya juga dikentalkan menjadi suatu sirup yang digunakan sebagai saus. Di Mesir buah ini dijadikan semacam minuman anggur, sirup, dan sari buah. Dalam satu gelas sari delima lebih banyak kandungan antioksidannya dibandingkan dengan satu gelas red wine, green tea atau orange juice. Di Amerika, produk sari buah delima yang dikenal sebagai pom wonderful menjadi tren minuman kesehatan terkini.

Minuman sari buah delima dikenal sebagai sari buah sehat, tinggi khasiatnya. Sari buah delima tinggi kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Dari bagian biji yang dapat dimakan, kandungan kalium per 100 gram (259 mg/gr), energi 63 kal, 30 mg vitamin C. Komponen ini dianggap sangat penting bagi kesehatan jantung (Time, Desember 2003).

Sari buah delima juga tinggi kandungan flavonoidnya, suatu jenis antioksidan kuat yang penting perannya untuk mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta mampu dalam memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit, dan kangker prostat. Antioksidan yang terkandung didalamnya membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol.

Bahkan kandungan antioksidan dalam buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak daripada wine atau teh hijau. Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan risiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali.

4. Buah Zaitun
Zaitun












Buah Zaitun juga tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui bentuk asli dan pernah menemukannya langsung. Tetapi untuk minyak nya banyak sekali di jual di pasar dan super market.

Dalam QS. An-Nahl ayat 11, Allah berfirman:



يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Pada terjemahan ayat diatas disebutkan bahwa Allah menumbuhkan macam-macam buah-buahan yang salh satunya adalah buah zaitun. Allah menumbuhkan buah zaitun tentu dengan sejuta manfaatnya. Produk dri buah zaitun yang terkenal yakni berupa minyak zaitun.

Namun tidak hanya diproduksi sebagai minyak namun juga dapat digunakan sebagai bagian ramuan dari berbagai kosmetik dan produk kecantikan.
Beberapa Manfaat Buah Zaitun Diantaranya:
  • Mencegah berbagai jenis kanker
  • Mencegah penuaan dini
  • Menyehatkan pencernaan
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Memperbaiki penglihatan
  • Mencegah asma
Masih banyak lagi manfaat dari buah Zaitun ini, saya tidak bisa menulisnya satu persatu, tetapi yang paling penting saja saya sampaikan melalui tulisan ini.

5. Buah Kurma

Kurma









 Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).
Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Allah Subhanahu wa Ta‘ala telah mengabadikan dan mengutamakan buah  kurma dari jenis buah-buahan yang lain, Alloh Subhanahu wa Ta‘ala  menyebutnya bahkan di 20 ayat  yang berbeda di dalam Al-Qur’an dengan memakai lafadz pohon kurma : an – Nakhl,an-Nakhiil atau an-Nakhlah.
Ayat tentang kurma dapat dikaji dan dipelajari sendiri di dalam Al-Qur’an di surat : Ar-Rahman: 11;  Al-Qaf:10 ;  Yaasiin: 67 ;  Ar-Ra’du: 4 ;  Maryam: 25-26 (Dalam menjelaskan ayat ini Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : ‘Tiada sesuatu yang lebih baik dari perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah’.) ;  Maryam :23;  Al-Baqarah: 266;  Al-An’am: 99;  Al-An’am: 141;  An-Nahl: 11;  An-Nahl: 67;  Al-Isra’: 91;  Al-Kahfi:32;  At-Taha: 71; Al-Mu’minun: 19;  Yaasiin: 34;  Qamar: 20;  Ar-Rahman: 68;  Al-Haaqah: 7 dan ‘Abasa: 29.


Beberapa Manfaat Buah Kurma Diantaranya:
  • Manfaat buah kurma sebagai penangkal racun
  • Manfaat buah kurma untuk sumber energi
  • Manfaat buah kurma untuk mencegah kanker usus besar
  • Kurma dapat melancarkan buang air besar
  • Kandungan tannin pada kurma yang merupakan anti infeksi anti inflamasi dan anti 
  • Kandungan vitamin A yang bermanfaat kesehatan mata , kesehatan kulit 
  • Kurma merupakan sumber zat besi yang baik, zat besi merupakan komponen hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah
  • Zinc meningkatkan hormone testosterone untuk meningkatkan kebugaran pria
  • Kalium yang terdapat dalam kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroek
  • Zinc meningkatkan hormone testosterone untuk meningkatkan kebugaran pria
6. Buah Tin
Tin













Buah Tin, yang namanya tercantum dalam Al-Qur`an disamping buah zaitun, disebut-sebut oleh hasil penelitian medis terbaru sebagai buah yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

Tafsir Surat at Tin ayat 1



"{وَالتِّين وَالزَّيْتُون} أَيْ الْمَأْكُولَيْنِ أَوْ جَبَلَيْنِ بِالشَّامِ ينبتان المأكولين"


"(Demi Tin dan Zaitun) keduanya adalah nama buah, atau dapat juga keduanya diartikan nama dua buah gunung yang menumbuhkan kedua buah tersebut."

Buah tin bagi masayarakat indonesia memang agak asing namun tidak untuk namanya. Namanya sangatlah sering kita dengar namun sangat sedikit yang secara langsung melihat bahkan sampai memakannya.  nama buah tin bahkan menjadi nama salah satu surat dalam Al-Qur’an yakni At-tin.

Walapun hanya disebut sekali dalam Al-qur’an yakni dalam surat at-tin ayat 1, nyatanya buah ini memiliki berjuta manfaat bagi manusia.

Buah yang memiki kandungan kalsium, fosfor, besi dan juga Vitamin A juga Vitamin B. Pemanfaatnya biasa digunakan didunia medis.

Beberapa Manfaat Buah Tin Diantaranya:

  • Mengobati penyakit usus dan lambung
  • Mengobati sembelit atau susah buang air besar
  • Mengobati luka dan bisul
  • Memperlancar haid
  • Memperlancar ASI

No comments:

Post a Comment