Bahaya penggunaan Domain Name .com .co.id. tk. dll - pada blogger blogspot

Langsung saja gan, ini adalah berupa curhatan saya sebagai blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger, maaf bukan sedang sombong karena sudah banyak sekali blogger - blogger yang lebih lama dari saya dan sudah non aktif lagi.

ini hanyalah sekedar berbagi pengalaman untuk para blogger baru yang baru mengenal dunia per bloggeran atau juga bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi blogger yang belum mengetahuinya.

Domain name itu merupakan sebuah nama yang digunakan di internet sebagai suatu alamat untuk menuju suatu website/blog seseorang yang menggunakannya.

domain name yang bagus adalah domain name yang bernama sesuai dengan isi tema blog, jika blog anda isinya campur-campur ya terserah anda lah sama seperti blog yang saya gunakan ini.

adhigoo.blogspot.com blog dofollow pagerank 9
Kenapa pemakaian Domain Name (dot) .com, (dot) .id, (dot) co.id (dot) .net (dot).org apalagi yang gratisan seperti (dot).TK ini saya katakan berbahaya?
Semuanya tergantung dari kondisi blogger tersebut!  :
1. Apakah blogger tersebut akan fokus dengan nama domain name tersebut?
Pembelian domain name memang murah 1 tahunnya paling cuma Rp.100ribuan, tapi apakah anda yakin kalau tahun berikutnya anda akan memperpanjangnya lagi?
Kerugian:
Jika anda sudah selama satu tahun tapi tidak menggunakannya lagi, sedangkan anda sudah mempromosikan domain name itu kemana - mana dan yang terindeks di google juga adalah domain name tersebut, apakah anda itu namanya bukan bunuh diri? 
Dengan matinya domain name anda tersebut artinya akan ada banyak sekali Broken Link di Mesin pencari dan itu artinya juga trafik pengunjung blog anda akan hancur.

2. Penggunaan Domain Name gratisan
masih menyambung dengan yang diatas, hanya bedanya ini adalah blogger yang menggunakan Domain Name yang gratisan, yang perlu anda ketahui semakin tenar nama suatu domain artinya Semakin TInggi harga domain name tersebut!
bayangkan jika anda sudah mempromosikan domain name anda kemana - mana dan domain name anda sudah mendapatkan pagerank tingkat DEWAAAAAA lalu dicabut lagi sama si pemilik asli Domain Name tersebut?
apakah anda itu bukan bunuh diri namanya?

Lalu apakah pengguunaan domain name itu tidak perlu digunakan?
ya perlu lah, salah satu keuntungan menggunakan Domain Name (dot) .com, (dot) .id, (dot) co.id (dot) .net (dot).org (yang bukan gratisan loh) tersebut adalah mampu menaikkan kualitas dari blog anda.
Penggunaan domain name .com dan sejenisnya di blog anda mampu meningkatkan Pagerank anda dengan cepat, minimal 1 bulan penggunaan blog anda sudah terindeks dengan PR1. Lumayan kan?

Solusi:
1. Yakinkan diri anda jika anda akan menggunakan nama suatu domain terdaftar
2. Belilah Domain Name di tempat yang terpercaya, saat ini yang masih terpercaya adalah di GoDady atau mungkin ada rujukan lainnya yang pasti yang terpercaya supaya anda tidak loss control dengan domain name anda
3. Jangan sia - siakan waktu anda dengan mempromosikan domain name yang anda tidak mempunyai full control, contohnya seperti penggunaan domain name gratisanlah pasti anda akan menyesal.
4. Jika anda tidak yakin untuk memiliki domain name sebaiknya gunakan saja domain bawaan blogger dengan embel-embel blogspot toh kalau blog anda berkualitas dan mampu berpromosi pasti domain blog anda akan dapat terkenal dan memiliki Page Rank yang bagus.

Sekian dan terima kasih by: Adhigoo

18 comments:

Semuanya Indonesia said... Balas

maksih infonya min ternyata ada kekurangannya juga ya

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

yups sama-sama gan, kelebihan dari pemaikaian domain name memang banyak tapi kekurangannya itu tergantung dari si Pengguna Blogger itu sendiri

Widiartono said... Balas

Artikel inu sangat menarik dan membantu saya dalam mengelola blog. Makasih mas. Kunjungi juga blog saya https://triwahyuwidiartono.blogspot.com

ujwar said... Balas

oh begitu ya. mending akun gratisan dulu dah kalau belum mampu ngurus blog secara benar. hehe

Andi Syahputra said... Balas

Oleh karena itulah makanya saya gak pernah parkir sejak awal,,

http://takeself.blogspot.com

back klo ada waktu

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

oke siap berkunjung ke blog mas, trima kasih banyak

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

mending menggunakan blogspot dulu gan, nanti kalau sekiranya sudah siap fokus menggunakan domai name barulah situ beli biar tidak percuma :)

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

iya gan mending begitu ... siap meluncur ke blog agan :)

uje Hendrawan said... Balas

Terimakasih atas infonya gan,ilmu saya semakin bertambah mengenai dunia blogging :D

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

yups sama - sama gan, pengetahuan blogging memang perlu gan bukan cuma sekedar share artikel ... biar dapat poin plus plus gituh dari Google
cuman ya jangan terlalu fokus sama SEO jadi kelupaan update artikelnya :D

Adrian Al Rizqy said... Balas

langsung bungkus gan caranya
visit back: http://alrizqiadrian.blogspot.co.id

MochamZ Kae Liem said... Balas

sip dah gan, yang penting apa yang dilakukan berkualitas, jadi apapun domain namenya bisa joss..

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

oke gan sip bungkus saja domain name nya ... hehe
kunjungan siap dilancarkan

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

yups betul gan, mantap dah

Akhmad Al Hasni said... Balas

sebenarnya semua kembali kepada blogger itu sendiri. Yang penting sebelum menggunakan domain tahu konsekuensinya. Salam kenal...

Blog Kreatif said... Balas

domain blog ane gratisan Gan :)

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

ya betul gan, konsekuensi harus difikirkan dulu sebelum menggunakan domain name terdaftar :)

adhigoo.blogspot.com is Blog Dofollow PR 9 said... Balas

yups terserah agan saja :p

Post a Comment